beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Kerupuk Ampas Kedelai Khas Mintobasuki Pati

Kerupuk Ampas Kedelai Khas Mintobasuki Pati

 
azzam
2016-06-26 10:54:20
azzam Potensi 0 368
 
 
Kerupuk Ampas Kedelai Khas Mintobasuki Pati

Kerupuk Ampas Kedelai Khas Mintobasuki Pati

 

Berita Potensi Pilihan

 
 
 
 
 

 Selalu kreatif dan sering bereksperimen melakukan inovasi, dipastikan akan menghasilkan sesuatu yang berharga dan bermanfaat.  Hal itulah yang menginspirasi sosok wanita asal Desa Mintobasuki, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah dengan memproduksi olahan berbahan dasar kedelai.

Namun berbeda dengan olahan kedelai yang dikenal masyarakat secara umum, seperti tahu ataupun tempe.  Wanita tersebut bernama Sri Wartini yang berhasil mengolah kedelai tanpa tersisa, padahal biasanya jika membuat tahu maka akan tersisa ampas.  Tiga macam olahan sekaligus berhasil dia hasilkan, yaitu susu kedelai, tahu dan kerupuk ampas kedelai.

"Tidak ada yang tersisa, jika membuat susu kedelai dan tahu  maka ampasnya bisa dimanfaatkan menjadi kerupuk," jelasnya.

Pemanfaatan ampas kedelai inilah yang menjadi poin tersendiri, dikarenakan oleh kebanyakan orang pasti akan dibuang atau untuk pakan ternak. 

"Selalu melakukan uji coba menjadi kunci tersendiri dalam melakukan inovasi sehingga menghasilkan sesuatu yang punya nilai ekonomi," terangnya. 

Inspirasi yang bermanfaat tentunya, dikarenakan kedelai yang punya kandungan protein yang sangat tinggi.  Sehingga ampas kedelai sisa pembuatan tahu dan susu, sangatlah sayang jika banyak yang terbuang.

"Dalam pembuatan tahu, susu maupun kerupuk, kami tidak menggunakan bahan pengawet dikarenakan ingin membuat pangan yang sehat dan jika dikonsumsi punya nilai lebih dibanding lainnya," paparnya.

Walaupun sebagai usaha sampingan tetapi dalam sehari Sri Wartini bisa menghabiskan 3 kg kedelai dengan menghasilkan kerupuk mentah menjadi 20 bungkus. 

"Sehari bisa memproduksi 20 bungkus kerupuk mentah. Dan penjualan kerupuk ini memang dalam kondisi masih mentah," tandasnya.

Harga kerupuk ampas kedelai ini pun masih tergolong terjangkau, dikarenakan Sri Wartini hanya mematok harga Rp. 6.000,- per bungkusnya.  Dan yang pasti, kerupuk ampas kedelai ini merupakan pangan sehat dengan nilai gizi tinggi.

"Jika dibanding kerupuk yang lain, maka kerupuk ampas kedelai ini tentu lebih baik dikarenakan punya kandungan gizi tinggi.  Selain itu tidak menggunakan bahan pengawet dan penyedap rasa," pungkasnya.

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan